Kamis, 08 November 2012

Pengertian lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar organisme. Lingkungan terdiri atas semua benda mati dan makhluk hidup yang terdapat di sekitar organisme tersebut. Segala sesuatu yang ada pada lingkungan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya karena lingkungan memiliki daya dukung. Dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya, kadang-kadang manusia melampaui batas daya dukung lingkungan. Akibatnya, keseimbangan lingkungan dapat terganggu.

Ruang lingkup lingkungan meliputi faktor-faktor biotik, abiotik serta faktor-faktor akibat interaksi manusia dengan lingkungannya yang meliputi faktor sosial, ekonomi, dan budaya. Dalam berinteraksi tersebut terkadang ada efek negatif yang ditimbulkan. Kegiatan manusia yang berdampak negatif terhadap lingkungan antara lain menimbulkan pencemaran, baik pencemaran tanah, air, udara maupun suara. Pencemaran dapat dicegah dan dikurangi. Pencemaran pasti terjadi yang dapat diusahakan adalah mengurangi terjadinya pencemaran agar dampaknya dapat dihindari. Sebab dampak dari pencemaran lingkungan tersebut lebih berbahaya terhadap kelangsungan hidup manusia.

Beberapa pengertian tentang lingkungan hidup tersebut adalah sebagai berikut:
a.    Lingkungan hidup adalah segala benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal-hal yang hidup termasuk kehidupan manusia (Prof. Dr. Emil Salim).
b.    Dalam UU No.23 tahun 1997 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 1 ayat (1), disebutkan bahwa lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk lainnya.
c.    Lingkungan adalah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita (Prof. Dr. Otto Soemarwoto).

Menurut para pakar lingkungan tersebut, ternyata pengertian lingkungan hidup itu sangat luas dan melibatkan faktor manusia sebagai pelaku yang memiliki tanggung jawab yang besar terhadap terjaganya lingkungan hidup di permukaan bumi.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar