Minggu, 18 November 2012

Peta

Peta (map) merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempelajari permukaan bumi. Melalui peta kita dapat melihat berbagai bentang alam dan budaya yang ada di muka bumi. Apabila saat ini belum ada peta, manusia akan merasakan kesulitan mengetahui tempat tinggalnya sendiri dan tempat-tempat lain di permukaan bumi. Peta, dapat memperluas pengetahuan dan peradaban manusia.

Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan pada bidang datar dengan perbandingan tertentu. Peta mengandung suatu informasi, artinya peta digunakan untuk menyampaikan pesan dari si pembuat peta kepada para pembaca atau pemakainya. Pesan tersebut disampaikan dengan menggunakan bahasa simbol agar lebih mudah dipahami. Kartografi adalah ilmu pengetahuan dan seni yang mempelajari tentang perpetaan, termasuk studi pembuatan peta, macam-macam peta, penyimpanan, dan pengawetan peta.

Berbagai bahasa simbol yang tertera pada peta, seperti judul, skala, tata koordinat, sangat membantu para pemakai peta untuk memahami informasi yang terdapat di dalam peta itu.

Peta memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
1.    menunjukkan lokasi sebuah objek atau tempat tertentu
2.    memberikan gambaran secara umum tentang permukaan bumi yang meliputi bentuk, luas, dan jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain
3.    menunjukkan berbagai bentang alam pada suatu wilayah, seperti relief, pegunungan, gurun pasir, sungai, tanah, dan lain-lain
4.    menunjukkan kenampakan sosial budaya berupa jumlah dan persebaran, seperti jumlah dan persebaran tanah pertanian, persebaran permukiman, persebaran flora dan fauna, perkotaan, dan lain-lain.

Itulah sekilas tulisan tentang peta dan manfaat peta. Saya rasa cukup untuk memberi anda pemahaman tentang definisi peta dan manfaat dari peta. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar