Selasa, 20 November 2012

Rangkuman pelajaran geografi – bentuk muka bumi

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun, seperti tektonisme, vulkanisme, dan seisme.

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi dan bersifat merusak, seperti pelapukan, pengikisan, dan pengendapan.

Erupsi dapat dibedakan menjadi erupsi lemah (efusif) dan erupsi kuat (eksplosif). Jenis erupsi akan memberikan bentuk-bentuk khusus gunung api, antara lain strato, perisai, dan maar.

Gempa bumi merambat ke permukaan bumi dalam bentuk gelombang gempa. Berdasarkan faktor penyebabnya gempa dibedakan menjadi gempa tektonik, vulkanik, dan runtuhan. Gempa yang episentrumnya di dasar laut menimbulkan gelombang tsunami.

Pelapukan merupakan proses hancurnya batuan yang semula berupa bongkahan besar menjadi butiran-butiran yang lebih kecil bahkan menjadi bagian yang sangat halus. Pelapukan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu pelapukan mekanik, kimia, dan organik.

Pengikisan adalah proses pecahnya bongkah batuan menjadi butiran-butiran yang lebih kecil yang dilakukan oleh air mengalir, air laut, angin, dan es (gletser).

Hasil pelapukan dan pengikisan dibawa dan diendapkan di tempat yang lebih rendah, seperti dataran rendah, lembah, muara, danau, dan sebagainya.

Pengendapan (sedimentasi) adalah proses terkumpulnya bahan-bahan hasil erosi secara berlapis-lapis.

Batuan di permukaan bumi terdiri atas tiga jenis, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.

Itulah sedikit ringkasan pelajaran geografi tentang bab bentuk muka bumi. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar