Minggu, 09 Desember 2012

Komponen ekosistem (lingkungan biotik dan lingkungan abiotik)

Fungsi setiap komponen biotik itu terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1.    Lingkungan biotik atau makhluk hidup
Dalam lingkungan biotik meliputi beberapa bagian, yaitu:
a.    Produsen. Semua tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan cara fotosintesis dan hanya tumbuhan tersebut yang bisa membuat makanannya sendiri juga digunakan oleh makhluk hidup yang lainnya.
b.    Konsumen. Tumbuhan berbeda dengan hewan dan manusia, sebab hewan dan manusia tidak bisa menghasilkan makanan atau zat makanan sendiri. Sedangkan manusia atau hewan memperoleh makanan dari tumbuhan baik secara langsung maupun tidak langsung.
c.    Pengurai. Pengurai adalah suatu organisasi (jasad renik, jamur, bakteri, dan saprofit) yang bisa mengubah sisa bangkai hewan dan tumbuhan yang sudah mati menjadi zat yang lebih sederhana.
Jadi kehidupan jamur saprofit dan bakteri itu tergantung dari konsumen dan produsennya, karena jamur saprofit dan bakteri tidak akan bias hidup pada tumbuhan dan hewan yang telah mati. Dengan adanya pengurai zat organik yang ada pada bangkai ataupun sampah yang membusuk akan terurai kembali dan membuat tanah menjadi subur. Sedangkan tanah yang subur akan membuat tumbuhan menjadi hijau. Jadi, antara produsen, konsumen dan pengurai itu mempunyai hubungan yang erat dan saling ketergantungan antara satu dengan lainnya dan tidak bisa terpisahkan.

2.    Lingkungan abiotik
Lingkungan abiotik adalah sesuatu yang keberadaannya ada di sekitar makhluk hidup.
Contoh:
-    Sinar matahari
-    Bulan, bintang
-    Air, tanah, dan lain sebagainya.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar