Sabtu, 25 Mei 2013

Faktor yang mendorong terbentuknya kelompok sosial

Proses pembentukan kelompok sosial tidak terjadi dengan sendirinya, akan tetapi didorong oleh adanya beberapa faktor, antara lain meneruskan keturunan, mempertahankan hidup, saling membutuhkan, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

a.    Dorongan untuk meneruskan keturunan, merupakan naluri makhluk hidup yang alami. Pada masa awal kehidupan manusia, perkawinan dilakukan secara adat oleh tokoh-tokoh adat dengan sistem tertentu sehingga terbentuklah keluarga-keluarga yang disepakati di dalam suatu kelompok.
b.    Dorongan untuk mempertahankan hidup. Dalam perjalanan hidupnya, kondisi lingkungan alam dan lingkungan sosial telah memaksa manusia untuk bergabung dengan manusia yang lain dalam menghadapi keganasan alam sekitar. Dengan demikian, muncullah kelompok-kelompok sosial berdasarkan letak geografis yang sama, seperti kelompok peramu, kelompok petani, dan kelompok nelayan.
c.    Dorongan saling membutuhkan. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia sebagai makhluk sosial menciptakan jaringan sistem ekonomi yang panjang. Pembentukan jaringan ekonomi tersebut memerlukan bantuan dan kebersamaan dengan manusia yang lain.
d.    Dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Setiap individu secara naluriah memiliki harapan untuk hidup ke arah yang lebih baik. Pada masyarakat modern memiliki budaya untuk melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang lebih baik sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Berdasarkan dorongan tersebut terbentuklah kelompok-kelompok sosial karena adanya kepentingan yang sama dan mengharuskan manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Kelompok sosial tersebut, misalnya serikat buruh dan asosiasi profesi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar