Minggu, 19 Mei 2013

Pengertian kitab

Kitab merupakan sebuah karya sastra para pujangga pada masa lalu yang dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk menyingkapkan suatu peristiwa sejarah. Kerajaan-kerajaan besar di masa lampau memberikan kedudukan yang istimewa kepada para pujangga. Namun tulisan-tulisan para pujangga itu tidak terlepas dari pengaruh kekuasaan, sehingga tulisan itu seringkali tidak netral. Tidak mengherankan, isi tulisannya tidak lebih dari sekedar mengagungkan seorang raja yang sedang berkuasa.

Kitab sebagai karya sastra telah muncul pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. Beberapa kitab yang penting di antaranya:
1)    Kitab Krisnayana; berasal dari zaman kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Raja Jayawarsa.
2)    Kitab Bharatayuda; berasal dari zaman kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Raja Jayabaya yang ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh.
3)    Kitab Arjuna Wiwaha; berasal dari zaman kerajaan Kediri pada masa pemerintahan Raja Jayabaya yang ditulis oleh Mpu Kanwa. Dalam kitab ini diceritakan kisah perkawinan Raja Airlangga dengan putri kerajaan Sriwijaya.
4)    Kitab Pararaton; berasal dari zaman kerajaan Singasari dan Majapahit, yang ditulis oleh beberapa pujangga dan menceritakan tentang kekuasaan kerajaan Singasari dan Majapahit.
5)    Kitab Parahyangan dan Kitab Siksakand; berasal dari kerajaan Pajajaran.
6)    Kitab Negara Kertagama; berasal dari kerajaan Majapahit yang ditulis oleh Mpu Prapanca.
7)    Kitab Sutasoma; berasal dari zaman kerajaan Majapahit, yang ditulis oleh Mpu Tantular.
8)    Kitab Sundayana; berasal dari kerajaan Majapahit yang menceritakan tentang peristiwa Bubat.
9)    Kitab Sorandaka dan Kitab Ranggalawe; kedua kitab ini berasal dari kerajaan Majapahit, yang menceritakan tentang pemberontakan yang dilakukan oleh Sora dan Ranggalawe.
10)    Kitab Panjiwijayakrama; berasal dari kerajaan Majapahit, yang menceritakan tentang perjalanan Raden Wijaya sampai menjadi raja Majapahit yang pertama.

Selain kitab-kitab tersebut, juga terdapat kitab-kitab suluk (kitab primbon). Kitab jenis ini bercorak magis, berisi ramalan, penentuan hari baik dan buruk, dan pemberian makna terhadap suatu kejadian.

Ada beberapa kitab suluk, yaitu:
1)    Suluk Sukarsa; kitab ini menceritakan seseorang (Ki Sukarsa) yang mencari ilmu untuk mendapatkan kesempurnaan.
2)    Suluk Wujil; kitab ini berisi wejangan-wejangan Sunan Bonang kepada Wujil (Wujil adalah seorang yang kerdil dan bekas abdi Raja Majapahit).
3)    Suluk Malang Sumirang; kitab ini berisi pujian dan mengungkapkan seseorang yang telah mencapai kesempurnaan dan bersatu dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar