Minggu, 26 Mei 2013

Pengertian menabung

Menabung berarti menyisihkan sebagian uang kita miliki untuk disimpan. Menabung merupakan salah satu cara untuk mengelola uang. Menabung yang paling mudah adalah di rumah karena dapat dilakukan setiap waktu. Akan tetapi, menabung di rumah tidak ada jaminan keamanan. Kadang kita mudah tergoda untuk mengambil uang dalam tabungan sedikit demi sedikit untuk kebutuhan sesaat. Akhirnya uang yang kita tabung pun habis.

Menabung juga dapat dilakukan di sekolah. biasanya dikoordinasikan oleh guru kelas. Setiap siswa dapat menyisihkan sisa uang sakunya untuk ditabung. Menabung di sekolah banyak manfaatnya. Siswa dapat mengambil uang tabungannya sewaktu-waktu jika diperlukan. Siswa juga dapat mengambil uang tabungannya pada akhir tahun untuk kegiatan di sekolah.

Menabung yang paling aman dapat dilakukan di bank, baik bank milik pemerintah maupun bank milik swasta. Cara menyetor dan mengambil uang tabungan di bank juga sangat mudah. Kita cukup datang ke bank sambil membawa buku tabungan, kemudian mengisi formulir setoran atau penarikan. Biasanya untuk menarik nasabah agar menabung di bank, pihak bank memberikan berbagai macam undian dengan hadiah yang menarik.

Apakah tujuan dan manfaat menabung? Menabung memiliki tujuan sebagai berikut:
1)    Menghemat pengeluaran agar hidup tidak boros
2)    Mengatur keuangan dengan baik
3)    Merencanakan dan mempersiapkan hari depan
4)    Menyukseskan pembangunan.

Manfaat menabung adalah sebagai berikut:
1)    Memenuhi kebutuhan mendesak
2)    Memenuhi biaya berbagai macam keperluan
3)    Memenuhi kebutuhan untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar