Jumat, 31 Mei 2013

Pengertian pekerjaan

Pekerjaan adalah sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk tujuan tertentu yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Manusia perlu bekerja untuk mempertahankan hidupnya. Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan uang. Uang yang diperoleh dari hasil bekerja tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu, uang tersebut harus berasal dari hasil kerja yang halal. Bekerja yang halal adalah bekerja dengan cara-cara yang baik dan benar.

Jenis pekerjaan ada bermacam-macam. Ada pekerjaan menghasilkan barang dan ada pula pekerjaan yang menyediakan jasa. Pekerjaan menghasilkan barang dapat dilihat hasilnya. Adapun pekerjaan memberikan jasa hanya dapat dirasakan manfaat dari layanannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang biasa kita temui dalam keseharian kita.

1) Petani
Petani adalah orang yang bekerja di bidang pertanian. Selain di sawah, usaha pertanian juga dapat dilakukan di ladang atau di pegunungan. Hasil yang diperoleh dari lahan perladangan berupa tanaman palawija, seperti kacang-kacangan, jagung, dan ubi. Hasil yang diperoleh dari daerah pegunungan di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan.

2) Nelayan
Nelayan bekerja mencari ikan di laut. Ikan hasil tangkapan mereka kemudian dibawa ke tempat pelelangan ikan atau untuk dikonsumsi sendiri.

3) Peternak
Orang yang pekerjaannya beternak disebut peternak. Kegiatan beternak merupakan kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan ternak.

4) Guru
Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar, mendidik, dan membimbing siswa dalam belajar di sekolah. Guru juga dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Oleh karena itu, kita harus menghormati dan menyayangi guru kita.

5) Dokter
Dokter bekerja di bidang kesehatan. Pekerjaan sebagai dokter adalah mengabdi untuk kepentingan kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar