Kamis, 30 Mei 2013

Unsur seni rupa

Karya seni rupa, terutama karya seni dua dimensi, terdiri dari unsur titik, garis, bidang, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Dari perpaduan selaras unsur-unsur inilah terbentuk karya seni rupa yang indah.

Titik merupakan unsur seni rupa yang paling sederhana. Unsur titik akan tampak berarti apabila jumlahnya cukup banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi bintik.

Garis merupakan unsur seni rupa yang terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu. Ada empat macam garis yaitu garis lurus, garis lengkung, garis patah-patah, dan garis spiral atau pilin. Garis lurus berkesan tegas dan keras. Garis lengkung berkesan lembut dan lentur. Garis patah-patah berkesan kaku. Garis spiral berkesan luwes.

Bidang merupakan unsur seni rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis. Ada dua jenis bidang. Bidang geometris beraturan dan dipakai dalam ilmu ukur. Bidang nongeometris tidak beraturan dan sering ditemui pada bentuk-bentuk alami.

Bentuk adalah unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang atau volume. Macam-macam bentuk ini yakni: kubistis, silindris, bola, limas, prisma, kerucut (semua geometris), dan nongeometris. Unsur bentuk diterapkan pada unsur seni patung, arsitektur, interior, dan kriya.

Warna merupakan unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Warna bisa dibedakan menjadi tiga. Warna primer (pertama) adalah warna dasar, bukan campuran dari warna apapun. Warna primer ini: merah (magenta), kuning (yellow), dan biru (cyan). Warna sekunder (ke dua) terbentuk dari dua warna primer. Contohnya: hijau, ungu, dan jingga. Warna tersier (ke tiga) terbentuk dari campuran warna sekunder dengan warna sekunder lainnya atau warna tersier. Warnanya seperti warna sekunder tapi dengan tingkat pengaruh warna primer yang berbeda-beda.

Tekstur merupakan nilai permukaan suatu benda (halus, kasar, licin, atau yang lainnya). Secara visual, ada dua tekstur. Tekstur nyata, bila keadaan benda saat dilihat dan diraba sama nilainya. Tekstur semu, bila keadaan benda saat dilihat dan diraba berbeda.

Gelap terang merupakan keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua dan muda yang disebabkan oleh perbedaan warna atau pengaruh cahaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar