Selasa, 11 Juni 2013

Macam-macam gaya

Ada beberapa macam gaya yang dapat kita kenal, yaitu gaya gravitasi atau gaya berat, gaya gesekan, gaya pegas, gaya magnet, gaya listrik, gaya otot dan gaya mesin.
a.    Pusat bumi memiliki gaya tarik. Misalnya sebuah batu yang kita pegang bila kita lepaskan akan jatuh ke tanah. Buah kelapa yang terlepas dari tangkainya akan jatuh dengan kuatnya ke tanah. Batu dan kelapa jatuh ke tanah disebabkan oleh adanya gaya berat dari benda itu sendiri. bumi akan menarik semua benda yang ada di sekitarnya. Tarikan bumi terhadap benda-benda disebut gaya berat atau gravitasi. Gravitasi artinya tarikan bumi. Karena adanya gravitasi atau gaya tarik bumi, maka semua benda akan jatuh ke bumi.

b.    Gaya yang menahan suatu benda sehingga tidak bergerak kalau ditarik atau didorong disebut gaya gesekan. Gaya gesekan timbul karena pergeseran antara dua permukaan. Misalnya sepeda yang mengerem kecepatannya akan makin berkurang. Sepeda yang direm itu menderita suatu gaya. Gaya itu timbul karena gesekan karet rem sepeda dengan pelek sepeda.

c.    Gaya pegas adalah dorongan terhadap suatu benda yang dilakukan oleh suatu pegas. Misalnya kolam renang yang dipasang bilah papan untuk meloncat. Bila seorang berada di ujung papan itu kemudian meloncat dan bila ia meloncat-loncat di tempat lebih dulu, maka ia akan terlempar tinggi.

d.    Gaya magnet adalah tarikan atau dorongan yang dilakukan oleh magnet. Misalnya silet yang diletakkan di atas meja, kemudian dekatkan magnet ke silet, maka silet akan ditarik oleh magnet dan melekat.

e.    Gaya listrik adalah tarikan yang ditimbulkan oleh benda-benda yang bermuatan listrik. Misalnya barang-barang atau rumah tangga yang digerakkan dengan tenaga listrik. Sisir plastik yang digosok-gosokkan pada rambut kita bila didekatkan dengan potongan-potongan kertas kecil akan tertarik.

f.    Gaya otot adalah tarikan atau dorongan terhadap suatu benda yang dikeluarkan oleh otot manusia. Misalnya seorang yang sedang menarik atau mendorong sebuah meja.

g.    Gaya mesin adalah tarikan atau dorongan yang dilakukan oleh mesin. Misalnya sebuah mobil yang sedang bergerak melaju.

1 komentar: