Kamis, 13 Juni 2013

Makanan dan kesehatan

Makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan seimbang dan mudah dicerna menjadikan tubuh sehat. Kebersihan dan kebiasaan makan yang teratur mempengaruhi kesehatan. Hidrat arang dan lemak berguna sebagai sumber tenaga dan panas. Vitamin berguna sebagai sumber pengatur. Mineral berguna sebagai sumber pertumbuhan dan perbaikan, sumber tenaga dan sumber pengatur.

Air minum harus dijaga kebersihannya dan direbus terlebih dahulu. Kebutuhan air minum untuk tubuh kita kurang lebih 6 sampai 8 gelas sehari. Air bersih harus disimpan pada tempat yang dibersihkan, umpamanya ember atau pasu yang tahan karat. Tempat penyimpanan harus dibersihkan pada setiap mengganti air. Mutu air yang memenuhi syarat-syarat kesehatan adalah segar, jernih, tidak berwarna, tidak mengandung mineral serta zat-zat organik yang terlalu tinggi, tidak berpenyakit, tidak mengandung zat-zat kimia yang bersifat merusak dan membahayakan.

Supaya hidup kita sehat, kita harus memperhatikan:
1)    Menu makanan tiap hari harus mengandung salah satu macam dari tujuh bahan pokok makanan
2)    Tiap hari makan tiga kali pada waktu yang teratur
3)    Jangan makan makanan yang manis-manis, jangan yang kotor
4)    Paling sedikit kita minum 8 gelas air masak dalam sehari
5)    Makanlah menurut kebutuhan hidup sehat
6)    Jangan makan dengan tergesa-gesa
7)    Berolahragalah dengan teratur dan cukup tidur.

Makanan yang kita makan sehari-hari berfungsi sebagai sumber tenaga, untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak dan untuk pertumbuhan. Zat-zat yang terkandung dalam makanan antara lain karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan air. Pencernaan makanan dimulai dari rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus (dubur). Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada usus halus. Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung penyakit dan mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar