Sabtu, 21 Desember 2013

Pengertian udara dan lapisan atmosfer

Udara adalah campuran berbagai macam gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang di atas bumi. Lapisan udara yang menyelubungi bumi disebut atmosfer. Atmosfer dibagi menjadi 4 lapisan sebagai berikut:
a.    Troposfer, yaitu lapisan udara paling bawah. Tinggi lapisan troposfer kurang lebih 12 km. di dalam troposfer terdapat kandungan uap air yang sangat banyak.
b.    Stratosfer, adalah lapisan udara di atas troposfer. Pada lapisan stratosfer terdapat ozon yang berfungsi menyerap panas sinar matahari. Lapisan ozon mempunyai daya serap yang kuat sehingga panas yang diterima bumi berkurang.
c.    Mesosfer, yaitu lapisan udara yang terletak di atas lapisan stratosfer. Lapisan ini berperan sebagai pemantul gelombang radio. Karena itulah, lapisan ini sangat bermanfaat dalam bidang komunikasi.
d.    Termosfer, yaitu lapisan udara yang paling atas. Lapisan udara ini mengandung ion (muatan listrik). Makin ke atas makin banyak terjadi ionisasi. Ionisasi terjadi sejak matahari terbit. Makin tinggi kedudukan matahari, makin besar intensitasnya. Pada waktu sore ionisasi semakin berkurang.

Udara sebagai sumber daya alam perlu diketahui unsur-unsurnya. Unsur-unsur udara yang kadarnya tetap dan jumlahnya banyak adalah zat lemas (N2) sebanyak 28%, zat asam (O2) sebanyak 21%, argon (Ar) sebanyak 0,9%, asam arang (CO2) sebanyak 0,03%, sedangkan unsur lain-lain (krypton, neon, xenon, hidrogen, dan kalium) sebesar 0,07%.

Not every single stock I’ve picked has come up a winner. I’ve had a few squirmy reminders that psychology affects me as much as the next guy. But… In the end, fortunately, I was one of the few who outperformed the market over an extensive period of time.
David Dreman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar